Selasa, 04 November 2008

* Foto : LENGKUNG (BWa)


Lengkung...............

Sebuah unsur dasar fotografi yaitu garis di kreasikan menjadi sebuah karya foto yg menarik dan kesederhanaannya tidak membosankan untuk dinikmati selamanya........ abadi...!!!

Objek foto ini akan kita temui setiap hari disekitar pekarangan rumah kita .
Sebuah garis tepi daun hijau yg kaku memantulkan cahaya lebih banyak, berperan sebagai high light di ukur hati hati dg spot meter karena akan dijadikan Point of Interest . Zone VIII.

Kemudian dg memakai filter merah tua untuk membuat daun hijau menjadi gelap dari zona III shadow menuju ke hitam pekat zona I dan high light garis tepi tsb makin menonjol.

Jadi di kala kita jenuh akan objek objek yg biasa ditemui..... lihatlah lebih mendasar lagi , masuklah dalam pengamatan.... dimana subject matter akan berbicara padamu seperti foto yg sangat sederhana ini.

Data Tehnis :

- Kamera Leica R5
- Lensa 90mm Sumicron
- Speed 1/250
- f stop 5,6
- film Orwo 125 German Timur.
- Filter BW merah tua.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Om Moses saya sudah lama ikuti blog om...baru kali ini berani komentar....

Jangan pakai bahasa tinggi donk.... zone dan Apa mamfaatnya filter red....bokapku juga punya filter kuning, orange, hijau dan biru bagus bagus ... aku jadi in pajangan di kamar ku... beliau marah marah.... aku pernah tanyain fungsinya ,,,,jelasin nya kurang canggih... gak ngerti om.
Kalo saya pake didigital ya warna sama spt filternya.... u BW film ya? Cara pakainya ?

Terima kasih om, ditunggu ya jawabannya secepatnya ....hehehehe Rosalina

Marrysa mengatakan...

now i get it om.....kalo gitu aku harus perdalam zona....gradasi....

aku harus belajar itu....

Moses Agustian ARPS, AFPSI mengatakan...

Zone adalah sistem yg diciptakan oleh Ansel adams u patokan standard gradasi... tiap zone berbeda 1 stop pencahayaan .... makin kecil indeknya makin gelap dan sebalihnya.

hehehe tentu aja ngomel filter kesayangan dibuat pajangan..semuanya filter tehnik untuk menambah dan mengurangi kontras pada film bw saja.... nanti akan ditulis dalam artikel tersendiri....terima kasih....Rosalina.... lain kali gak usah segan ya kalau ingin yg ditanyakan saya senang koq...heheheh