Jumat, 17 April 2009

* Eksplorasi

Eksplorasi ..... perlukah itu dalam pemotretan terhadap sebuah objek ?!

Melihatlah lebih dalam itu kalimat yg sering kita dengar sebelum pemotretan ... itu gampang diucapkan akan tetapi dari mana saya harus memulainya ?!

Meng-eksplorasi terhadap sebuah objek sebelum pemotretan berarti melihat objek itu dari segala arah.
Tentu harus juga mempertimbangkan korelasi dg sekitarnya sperti back ground, arah dan jenis pencahayaan yg semuanya akan berpulang pada sang fotografer yg menentukan yg terbaik menurutnya.

Sebuah objek dalam pemotretan akan sangat berbeda impresinya jika berada dalam kondisi pencahayaan langsung (direct light ) dengan pencahayaan tidak langsung ( diffused light ) begitu pula arah pencahayaan turut memberi makna kepada objek pemotrettan kita.

* Direct light....
Pencahayaan langsung selalu akan memberi kesan keras dan kontras pada foto kita.
Muncul kuat garis tepi yg kuat pada bayangan di foto kita...misalnya itu terjadi pada foto potraitur mata akan menyipit.
Bisakah Anda membayangkan cahaya langsung seperti cahaya yg jatuh pada selembar plastik ...... bagaimana reaksi Anda terhadap foto demikian...

Direct light dipagi hari...
by moses agustian.
Mohon tinggalkan reaksi Anda terhadap artikel ini dengan mencontreng salah satu dari dua pilihan....terima kasih.

* Diffused Light.......
Bersambung.......moses.

1 komentar:

oketo mengatakan...

Artikelnya banyak dan produktif sekali Bro. Lagi lihat dan keliling keliling dulu. Bingung mana yang harus di baca. Semuanya bagus dan menarik. Fotonya saya suka yang ini.