Rabu, 26 November 2008

* MENELUSURI PANTAI
























Menelusuri Pantai
by moses agustian


Menentang cahaya pada jaman dulu sering dihindari karena akan menimbulkan berbagai masalah..... seperti flare dimana lensa kemasukan sinar atau kehilangan detil menjadi siluet dan jika objek tumpang tindih akan menjadi wujud tidak keruan.
Sulitnya kontrol kontras kadang kala akan kehilangan tektur di bidang putih atau kehilangan detil di bagian shadow.

Bukan foto seni kalau tidak memamfaatkan kelemahan alat atau tehnis menjadi kelebihan pada foto kita.

Lihatlah foto ini tidak kehilangan detil dan cahaya back light pada kabut menimbulkan mood yg indah membentuk kedalaman.....
Tehnik pengukuran dengan spot metering jatuhkan pada anak yg sedang jalan kemudian under 2 stop pencahayaan menjadikannya shadow berdetil.....
Apa yg harus ditakuti jika kita mengerti tehnik dg baik untuk meng create sebuah foto.
Salam.....moses.

Data Tehnis :
- kamera : Leica R5
- Lensa : sumicron 90mm
- film /asa : T max 400 Kodak.
- metering : spot pada shadow dalam foto ini anak kecil.
- speed : 1/125
- f stop : 5,6



6 komentar:

Anonim mengatakan...

Om jika pada situasi yang sama initial eksposurenya ke bagian shadow dengan kompensasi minus untuk dapat shadow berdetail...mohon pencerahanya...salam



Sugeng.K

Moses Agustian ARPS, AFPSI mengatakan...

Mas Sugeng ...
jika nama nya kompensasi itu tambah over...... tapi ini ukur pada shadow di ruduce/dikurangi /under expose 2 stop u mendapatkan shadow/gelap punya detil sperti kita lihat.... salam..... Bagaimana tanggapan fotonya setelah dibahas dari teman2 ?

Anonim mengatakan...

Terima kasih Om...
Hehehehe....Thanks God, saya diberikan kesempatan untuk belajar mengenali bagaimana orang melihat dan mengapresiasi suatu karya foto pada sebuah komunitas.... Tapi di Blog ini saya mendapat harapan baru untuk belajar lebih baik lagi... walau komunitasnya cukup terbatas.

Hormatku selalu,
Sugeng.K

Agus Sarwono mengatakan...

Sherring yang menarik pak, bisa menambah Ilmu saya nih

makaribi mengatakan...

maaf pak saya masih NewBie... mau tanya... maksudnya "diturunin 2 stop" itu eksposure compensationnya ya ? terus cara mengukur/metering cahaya pada shadow itu gimana sih ? make bracketing atau gimana ?

mohon pencerahannya..

Moses Agustian ARPS, AFPSI mengatakan...

Maaf baru balas ....terlewati.....
mas Makaribi.... maaf.
Kompensasi terjadi jika kita mengukur bagian shadow saja u metering (spot biasanya) kemudian kalau kita kembali ke komposisi semula lightmeter menunjukkan over dan biarkan saja tetap motret berdasarkan patokan metering shadow tadi...hasilnya shadow berdetil tidak under. Kalau shadow untuk bw under kan 2 stop dari pengukuran.
terima kasih atas kunjungannya