Senin, 30 Maret 2009

Jumat, September 26, 2008

* SEBUAH FOTO adalah......


GARUDA MENANGIS KEHILANGAN SILANYA.

Foto ini simbol/makna dibalik subjek yg penting.
ket : - Punya mobil...mobil rombengan, punya Gas ...minyak tanah ditiadakan, Tempat sampah.... sepotong tanaman kering tak tersiram. Inikah... etalase kehidupan rakyat kecil Jakarta.

Mobil mewakili ..kepemilikan, Gas dan minyak tanah mewakli saat foto ini dibuat., tanaman kering....mewakili ketelatenan , Bak sampah...menangislah....!!!!!






TATAPAN foto ini subjek sangatlah penting.




Membuat sebuah karya foto,ada dua unsur utama didalamnya yaitu Subjek dan Anda.

Dan foto adalah peristiwa dari pertemuan Anda dengan Subjek dimana kamera sebagai alat yg memfasilitasinya, jadi ingat kamera dan lensa hanya sebagai "alat ", yg harus kita tanamkan pada pikiran kita walaupun secanggih apapun kamera tersebut.

Foto itu adalah sebuah visual yg menceritakan relasi sang fotografer dengan subjeknya.

Jadi Foto yg bagus adalah seberapa jelasnya karakter dari subjek dimana sang fotografer merespon dan mengungkapkannya.

Jika kita menyikapi diatas dengan bijak dengan sendirinya kita akan menemukan kiblat diri sebagai fotografer dan tampil cemerlang di kancah dunia fotografi.

Menyadari relasi kita dengan subjek terkadang membuat kita sangat mengerti apa yg terjadi kemudian menentukan sikap seperti apa yg kita harapkan dari foto kita itu.
Relasi yg baik terhadap subjek membutuhkan banyak pertimbangan kapan harus memberi atau mengambil perhatian disertai kerja keras mengungkapkan menjadi foto yg bagus.
Proses ini berlangsung terus menerus akan melatih kita untuk mengetahui subjek berupa benda ataupun seseorang lewat interaksi akhirnya akan membuahkan kepuasan dalam sebuah karya foto.
Contohnya , terkadang subjek adalah segalanya untuk di eksplorasi seakurat atau sejelas mungkin dimana subjek sangat berperan pada sebuah foto.
Akan tetapi pada foto lain subjek tidak lah terlalu penting melainkan persepsi fotograferlah yg penting dimana sanggup mengungkapkan makna atau simbol samar samar menjadi jelas apa yg ada dipikiran dan dirasakannya.

JADI ADA BAIKNYA YG AKAN DATANG KITA MEMBICARAKAN APA ITU "SUBJEK" DAN LAIN WAKTU TENTANG the "PHOTOGRAPHER".
Silakan memberi pendapat dan saran pada blog bersama ini di komentar.



Tidak ada komentar: