Selasa, 31 Maret 2009

Sabtu, Maret 07, 2009

KOMPOSISI TIDAK PENTING ?!......ITU MIMPI BURUK SANG FOTOGRAFER....!!!!

Tidak bermasalah betapa seru dan hebohnya sang fotografer berdebat dan tidak sependapat tentang aspek spesifik komposisi yg baku ....akan tetapi pasti akan sependapat bahwa komposisi foto yg baik dalam penataan jauh lebih efektif dan berkesan dari pada komposisi foto yg buruk.

Jadi kesimpulannya kegunaan komposisi pada sebuah foto akan membuat efek pada foto tampil lebih kuat dan komunikatif.

Pada dasarnya semua foto sudah terkomposisi tanpa disadari walaupun betapa buruknya tampilan foto tersebut.
Hal ini sering terjadi pada pemotret awam atau pemula dimana melalui bingkai pembidik kamera mengikuti subjek kian kemari yg pada akhirnya memotret dan diletakkannya subjek ditengah tengah format foto. Semua tanpa sang fotografer menyadarinya dan yg menjadi konsentrasi penuh ia tetap menjaga agar subjek(manusia ,hewan, benda dll) agar jangan terpotong bagian kepala walaupun seujung rambutpun dan keutuhan kaki tangan juga.

Dalam praktek komposisi berbeda menghasilkan foto berbeda dari sang fotografer walaupun pada objek /subjek dan kondisi keadaaan yg sama pula.
Jadi aspek tehnik seperti sharpness, exposure yg tepat, pengolahan /pencetakan foto tidak akan berbeda hasil fotonya, asal sang fotografer menurut petunjuk pemakaian fungsi kamera /alatnya.
Pembedaan foto yg satu dg foto yg lainnya kalau kita mengarah pada cara pengkomposisian seperti faktor jarak kamera dari objek/subjek - skala perbandingan objek dg elemen lainnya - sudut pandang (angle-view) - perfektif - pengaturan depht of field - serta merangkai unsur unsur foto dalam satu kesatuan foto.
Mungkin dunia dg sudut pandang lain dari seorang fotografer akan membuat karya fotonya berbeda dg yg lainnya dan komposisilah yg menjadi senjata rahasia visual sang fotografer.

Komposisi yg lebih efektif dan menjadi jalan sang fotografer dapat mengekspresikan diri lebih induvidual.... Setujukah Anda....???!!!


Anak Pesisir Pantai
by moses agustian

Bukankah hanya ada satu perahu yg utuh yg menjadi POI dari tiga potongan imaji perahu yg tidak utuh.
Ini salah satu upaya pengkomposisian dg bentuk utuh (perahu) dari bentuk yg tidak utuh

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih om moses atas sharingnya...