Selasa, 31 Maret 2009

Selasa, Desember 30, 2008

CONTENT Vs MOOD


it's a duck (1)
by moses agustian





it's a Duck (2)
by moses agustian


Data tehnis : (1 ).....................................(2)

Kamera : Nikon D100 .....................Nikon D100
Lensa : 70-300 mm ED Nikon ........70-300 mm ED Nikon
Focal length : 300 mm.....................90 mm
WB : shade ......................................shade
Metering : spot ................................spot
Iso : 1600 ........................................1600
Speed :1/500 ...................................1/250
f stop : 5,6 .......................................8


Jika kita menghadapi saat pemotretan dilapangan yg terlintas di pikiran kita pertama tama adalah masalah tehnik yg paling dasar "speed atau diafragma yang didahulukan .
Dan langkah kedua ini lah yg akan dibahas pada kali ini.......Content atau Mood (isi atau suasana) mana yg akan menjadi pilihan kita.
Apa dan mengapa ?
Kelebihan dan kekurangan nya ?
Pra publikasi dulu ah.... lagi mati angin layar penulisan ...... sahabat tiupkan komentar agar layar ini berkembang lagi...hehehehe salam. moses




Lanjut......7 jan 09



Selama ini yg saya lakukan dalam pilihan antara content atau mood....saya akan diam sesaat menghadapi objek apapun dan membiarkan sense saya bekerja beradaptasi dengan keadaan.

Takut akan kehilangan moment dan melakukan tergesa gesa dalam pemotretan banyak rugi dan biasa akan mendapatkan kualitas nomor dua hasil fotonya.

Entah itu akan salah dalam masalah tehnis ataupun persepsi yg salah terhadap objek dan idenya tumpul, mana bisa berkonsep pada foto yg kita mau.

Biarkan sesaat atau diamkan diri meredam emosi kita memberi penalaran dalam hal tehnis yg akan berpadukan dengan sense of art kita yg saling kait mengkait dan saling mengisi satu dg yg lain pada karya foto kita.

Bila mood yg saya rasakan lebih kuat menguasai diriku akan saya konsentrasikan pada elemen dasar spt grs - bentuk -wujud dsbnya yg akhirnya membentuk komposisi yg bagus dan tentu foto akan dalam cakupan yg luas pada bingkai pemotretan.

Bila saya melihat detil dari objek menarik "content" lah yg akan menjadi sasaran pemotretan dan masuk lebih dalam lagi, apa yg paling kuat dari keseluruhan detil .....

Foto menjadi lebih close up dengan sendirinya kita akan kehilangan sebagian besar mood.

Saya mengambil contoh foto bebek melengkapi tulisan ini karena bisa dikreasikan menjadi dua versi foto agar pembedaan menjadi jelas.

Duck 1 mewakili content.... lihat butiran air menjadi aksen foto ini ....tanpa itu apalah artinya foto ini dan untuk memperkuat foto cocor bebekpun dikrop agar tidak sempurna dg kata lain melemahkannya untuk menampilkan butiran airnya.

Duck 2 mewakili mood ...... lihat butiran air tidak berperan akan tetapi nuansa BG merupakan penunjang yg kuat...

Salam...moses.



Tidak ada komentar: