Selasa, 31 Maret 2009

Minggu, Maret 08, 2009

Komposisi Dasar..... Dasar Komposisi....


Goyah......!!!!!
by Moses Agustian

Apakah itu ?! ......Bukankah kita ingin terbang seperti Elang bukan seperti Belalang....... ambil lah senjata komposisi......jadilah penutur visual yg efektif.....

Komposisi dasar....

Dalam fotografi beberapa aturan baku dari komposisi yg telah ada seperti format foto yg baku baik untuk horisontal maupun vertikal, Rule of third sebagai penentukan peletakan point of interest (poi), Golden Section untuk menentukan besar kecil objek agar kononnya pasti bagus, komposisi S , komposisi segitiga , komposisi diagonal , komposisi L , dllnya.
Jika kesemuanya diatas hanya merupakan check list pada sebuah foto merupakan pola pikir lama akan membuat fotonya tidak ber-emosi dan sangat membosankan.
Celakalah jika fotografer mengyakini 100% semua aturan diatas harus dipenuhi dg tidak ada penyimpang.
Pernahkah Anda menemukan seorang fotografer yg bersikukuh format 20 x25 cm pada fotonya dg sangat yakin apapun isi fotonya....???!!!

.......Dasar Komposisi
Menurut pemikiran atau kamus saya komposisi adalah memberi bentuk pada foto saya berupa ide, konsep, opini, perasaan dan perhatian bersama hadirnya karakteristik dari objek/ subjek, fore/back ground, garis dan bentuk, warna, high light dan shadow, sudut pemotretan dan perfektif, dllnya.
Jalan terbaik adalah breaking the rule pada komposisi untuk karya foto kita.
Yang terbaik bagi foto kita tentu harus ditempuh jika kita menguasai Komposisi Dasar , mengerti mamfaat dan pemaknaan yg dalam dari permenungan kita.
Tidak ada kebenaran mutlak dan yang ada hanya setengah dari kebenaran.... jika kita memperlakukan kebenaran mutlak ada pada kita...hati hatilah....kita mulai tersesat. salam... moses

Tidak ada komentar: