Senin, 30 Maret 2009

Sabtu, Oktober 18, 2008



Sadarkah Anda kamera 35mm yang dimiliki lebih banyak dipergunakan pada Format Horisontal dari pada Format Vertikal...????

Lihat saja foto foto Anda sendiri berapa banyak format vertikal dibandingkan dengan format horisontal...!

Mungkin karena rancang bangun kamera itu sendiri atau format horisontal ini memiliki kesamaan budaya baca kita sehari hari (kecuali bhs Cina) sehingga kita lebih mudah menerimanya.
Memang tidak bisa dipungkiri fotmat horisontal ini memiliki beberapa kelebihan seperti tenang - kalem - luas - damai dan kompak yg didambakan dalam kehidupan kita sehari hari.

Tapi bukan berarti Format Vertikal merupakan pilihan alternatif dan kurang berdayaguna.
Jika berhasil mendayagunakan format ini secara efektif akan mengubah pandangan kita dan memsejajarkan kedua format tersebut dalam perseteruan seimbang.
Bukan bermaksud pilih kasih dalam tulisan kali ini , lebih baik kita mengulas lebih dalam format ini daripada format horisontal yang lazim lebih banyak Anda kuasai.

Cara yg paling efektif melatih diri pada format ini , baiklah kita menyimulasi diri sbb....
Berdirilah didepan pintu sebuah ruangan dengan jarak kira kira 2 meter jauhnya . Sebuah pintu ibarat pemotretan dengan format vertikal dengan pandangan yang sempit lihatlah kedalam ruangan tsb .
Anda tidak akan bisa melihat semua isi ruangan sekali gus , Anda hanya akan melihat perbagian saja dari isi ruangan itu.
Saya yakin Anda tidak akan berhenti pada titik pandang pertama saja tapi karena keinginan tahu anda tentang apa isi ruangan tsb membuat Anda bergeser kekiri/kanan bahkan maju kedepan pintu .
Pada akhirnya Anda akan memilih sudut pandang yg paling disukainya karena memaknai isi ruangan tersebut.
Memilih sudut pandang yg terbaik berarti Anda memasukkan subjetifitas Anda pada foto tsb dengan kata lain dg sudut pandang yang sempit Anda menentukan dan memaknai isi yg ingin dikreasikan menjadi karya foto.
Inilah kekuatan sebuah foto Format Vertikal selalu lebih " kuat " karena memasukan subjektifitas berarti memberi roh pada foto tersebut.

Sudut pandang yg sempit membuat Anda memilih dan memaknai isi foto sehingga membuat karya foto tsb menjadi lebih kuat karena sudut pandang sempit format vertikal memaksa Anda bekerja lebih keras dalam menentukan isinya.
Sudut pandang yg luas fotmat horisontal memberi Anda lebih banyak keluasan dalam pilihan kesan dan isi foto apa yg ingin disampaikan......

Selamat berlatih Format Vertikal.

Tidak ada komentar: