Selasa, 31 Maret 2009

Kamis, Februari 19, 2009

Tip on Tip for You and Me.

Setelah sekian lama bergelut dengan fotografi begitu banyak tip yg kita dengar dan baca , semuanya agar membuat foto kita menjadi lebih baik .
Sebagian dari tip ini mungkin Anda sudah tahu .... anggaplah itu sebagai refresh dan jika belum tahu tentu akan berguna bagi Anda. Dan akan sangat berguna lagi jika Anda ikut partisipasi memberi tip singkat juga melalui komentar atau email ke moses_artphoto@yahoo.com yg nantinya akan saya terbitkan juga.

Biarlah saya memulainya untuk anda dan selanjutnya Andalah yg diminta berbagi untuk sahabat sahabat.

Tip on Tip :

1. Jika Anda bingung apa yg harus dilakukan di lokasi pemotretan... ingatlah tiga huruf bermakna ini C, D dan E. C= composition, D= depth of field , dan E= exposure.....(moses.. Jakarta, 19 Feb 2009).


2.Panning adalah sebuah foto dimana objeknya tajam dengan back ground nya seperti disapu kuas karena kamera bergerak satu sumbu dg objek bergerak dengan slow speed exposed antara 1/15 hingga 1/30 detik idealnya. Lensa wide dan normal lebih memungkinkan dari pada tele. Tip lengkap panning ada di http://mosesphoto.blogspot.com. (moses ..jakarta, 19 Feb 2009).

3. Jika Anda menghadapi low light dengan cahaya minim... stel asa lebih tinggi hingga speed mencapai 1/panjang focal lenght lensa Anda dengan catatan sudah open lens (bukaan lensa terlebar) agar kamera layak handheld untuk ketajaman foto Anda. (moses... jakarta...19 Feb 2009).

4. Jika Anda memotret model dengan window lighting arahkan light meter (centre wide/spot) pada high light muka sang model untuk kamera digital dan ke shadow jika memakai kamera analog ....(Antonius... Pekan Baru, Riau).

5. Jika Anda ingin memdapatkan efek bluur yg mengapas pada foto Anda dg slow speed pada cuaca terik pergunakan ND (Neutral Density) filter untuk meredam pencahayaan yg kuat.... (Tito, jakarta. 21 /2/09)

6. Jika Anda memotret objek yg jauh dengan lensa( zoom )tele usahakan speednya 2x lipat panjang lensa Anda . misalnya panjang lensa Anda 200 mm pergunakan speed 1/400 detik untuk mendapatkan sharphness maximal.... Kamera handheld tanpa tripot.( Rosa ,Semarang... 20 feb 2009.)

7. Jika Anda memotret pada musim hujan atau dekat air terjun bungkus kamera Anda dg kantong plastik bening dan lubangi plastiknya untuk depan lensa.... aman deh kalau cuma gerimis atau hujan rintik rintik... kan asyik moment dan moodnya. (Jefry., Palembang...21 Feb 2009).

8. Jika Anda hunting berangkat pagi buta ke lokasi jauh dari penduduk bekali diri Anda 2 butir telur matang dalam box kecil kemudian masukkan dalam tas kamera Anda ..itu beban yg paling ringan dan praktis serta mengenyangkan dalam waktu singkat... dijamin Anda motret tidak gemetaran.... Tinto , Bandung dingin, 21 Feb 2009).

9. Jika Anda menguasai Tehnik + Seni = Foto Efektif ,.... dalam hal penyampaian ekspresi diri Anda kepada penikmat foto.
Jika Anda hanya mahir pada tehnik saja ibarat Tulang Tidak Berdaging .... semua serba kaku....,
Jika Anda hanya pintar mengekspresi kreasi Seni tanpa dilengkapi tehnik ibarat Daging Tidak Bertulang..... semuanya serba lembek
dan lemah penyampaian kreasinya.... tapi enak loh buat sate...heheheehe...(moses, jakarta . 27 Feb 2009)

10. Jika Anda memotret dibalik kaca bening ...untuk menghindari refleksi yg kuat pasanglah lens hood karet (tudung lensa) pada lensa kemudian tempelkan pada kaca tersebut saat memotret. (Titin s., Bandung 28 Feb 2009).

11. Jika Anda memotret model dan membutuhkan reflected light diwajahnya beri sang model sebuah buku atau selembar kertas putih yg berfungsi sebagai reflector.... dan jangan masukkan reflector tadi kedalam bingkai pemotretan... (moses, Jakarta. 28 Feb 2009)

12. Ayo siapa lagi tipnya... terima kasih sahabat.... salam...moses.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

weh tips nya asik om terutama yang C,D,E simpel tapi mendasar sekali, terimaksih



adhy..

Anonim mengatakan...

[ ... ] link is being shared on Twitter right now. @zenx, an influential author, said RT @1ndus: Xtreme [ ... ]